Selasa, 08 Januari 2013

Vihara Buddhayana Dewi Kwan Imm, Belitung timur, Belitung


Seperti kita ketahui Vihara merupakan salah satu tempat peribadatan agama Budha. Begitu pula sama halnya dengan Vihara Buddhayana.  Vihara ini menjadi terkenal di karenakan posisi Vihara yang berada di atas suatu Bukit dan menghadap langsung kearah pantai yang tidak jauh dari vihara ini. Sehingga pemandangan yang ada di sekitar vihara ini akan terlihat indah dan mengagumkan. Selain itu vihara ini memiliki nilai historis yang sangat tinggi. Karena jika dilihat dari usianya, vihara ini sudah berusia dari dua setengah abad. Tepat nya didirikan pada tahun 1747. Menurut penjaga yang sekaligus pendeta di vihara ini, menurut sejarahnya vihara ini dibangun karena ditemukannya patung sosok Budha Budhisttwa di kawasan pantai burungmandi dengan posisi setengah tenggelam. Pada masa itu hampir kebanyakan masyarakat setempat, penduduk pendatang dari negeri China. Dengan ditemukannya patung tersebut, masyarakat setempat percaya bahwa itu merupakan suatu kehendak Yang Kuasa untuk membantu dan melindungi mereka dari pengaruh roh jahat. Jadi mereka membangun Vihara disana untuk memenuhi keinginan Yang Maha Kuasa .
Vihara Buddhayana terkenal juga dengan sebutan Vihara Burung mandi, atau biasanya masyarakat sekitar menyebutnya Keleteng Burung Mandi. Vihara ini terletak 18 KM dari Kota Manggar, ibukota Kabupaten Belitung Timur. Hampir semua warna bangunan didominasi warna merah, cirri khas warna vihara umat Buddha. Namun karena posisi nya yang diatas bukit dan untuk menuju vihara dengan melewati anak tangga yang didesain rapi, vihara ini terlihat sangat indah dan rapi. Pemandangan serta Taman yang ada di vihara ini sangat mengagumkan. Selain itu hembusan angin pantai yang sangat terasa jika kita berada di bagian atas vihara ini.
Untuk menuju Vihara ini jika di tempuh dari Pusat Kota Tanjungpandan, akan memakan waktu sekitar 1 s/d 2jam perjalanan, jika dari Pusat Kota Belitung Timur, Manggar, hanya ± 30 menit perjalanan. Sayang nya belum tersedia transportasi khusun untuk menuju Vihara ini. Jadi jika anda ingin berkunjung ke vihara ini harus merental / menyewa mobil yang banyak disewakan di hotel, maupun penginapan yang ada di kota Tanjungpandan, maupun di Kota Manggar, ibukota Kabupaten Belitung Timur, dengan harga berkisar Rp. 350.000,- dengan sopir, atau Rp. 250.000,- tanpa sopir per 24 jam.

0 komentar:

Posting Komentar