Senin, 07 Januari 2013

Pantai Tanjung Pendam, Tanjungpandan, Belitung


Pantai tanjung pendam adalah salah satu pantai yang terletak di kepulauan Bangka Belitung, tepat nya di pulau Belitung. Berada di pesisir ibukota Belitung, yaitu Kota Tanjung Pandan. Pantai ini sudah lama terbentuk. hal ini dapat kita lihat dari banyaknya bangunan tua ciri khas Negara Belanda di sekitar Kawasan Pantai Tanjungpendam, yang secara tidak langsung dapat kita simpulkan Pantai ini sudah ramai dikunjungi sejak masa penjajahan Belanda.
Pantai ini setiap hari selalu ramai dikunjungi, apalagi di waktu sore hari, hal ini dikarenakan jarak pantai yang tidak jauh dari pusat kota, fasilitas permainan anak-anak yang lumayan lengkap, berbagai jajanan pasar bisa kita temui, dan selain itu di sore hari kalau cuaca tidak mendung kita bisa menikmati matahari terbenam dengan jelas. Terlebih lagi pada saat- saat tertentu sering diadakan pesta adat dan bermacam-macam event hiburan rakyat di pantai ini. Sayang nya pantai ini tidak bisa digunakan untuk berenang, walaupun kontur tanah nya yang landai, air yang jernih, hal ini dikarenakan kawasan pantai ini dahulunya pernah menjadi kawasan penambangan Timah dengan menggunakan Kapal Keruk, oleh Belanda dan PT. Timah, sehingga kontur tanah pantai ini walau terlihat landai, namun sangat berbahaya jika kita tidak berhati-hati. Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, Pemerintah Kota telah memasang tanda larangan Berenang di pantai ini.
Dari pusat Kota Tanjungpandan, pantai ini sangat mudah ditempuh, berbagai transportasi dapat kita jumpai dikota ini, dari tukang ojek, mobil angkutan umum, atau mobil rental agar kita lebih leluasa mengelilingi pantai ini. Untuk harga sewa tukang ojek biasanya bervariasi, tergantung kita menawar nya. Untuk angkutan umum Rp.5.000,-. Untuk biaya masuk pantai ini, kita akan dikenakan biaya masuk Rp.2.000,-/ orang.

0 komentar:

Posting Komentar