Selasa, 08 Januari 2013

Pantai Tanjung Kelayang, Tanjungbinga, Belitung


Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu Pantai yang menjadi tujuan wisata utama yang ada di Pulau Belitung, Pantai ini menjadi terkenal dan banyak di minati baik wisatawan domestic, maupun mancanegara setelah sering diadakan nya event Sail Indonesia. Dengan posisi Pantai yang berada di semenanjung Pulau Belitung, Pantai ini terlihat seolah olah menyendiri, terpisah dengan pantai pantai yang lain. Selain itu pantai ini menjadi unik dikarenakan gugusan batu batu granit yang jika dilihat dari kejauhan seperti pulau pulau kecil yang tersusun rapi membentuk suatu gugusan dari bibir pantai hingga ketengah laut.
Nama pantai Tanjung Kelayang, menurut informasi penduduk setempat, diambil dari nama salah satu jenis burung, kaitannya dengan pantai ini, dikarenakan ada batu granit yang berbentuk menyerupai kepala salah satu jenis burung tersebut, yaitu burung Kelayang. Hingga sampai saat ini Jadilah Pantai ini terkenal dengan sebutan Pantai Tanjung Kelayang. Selain itu burung kelayang banyak dapat kita jumpai dipantai ini.
Pantai tanjung Kelayang terletak ± 27 KM kearah utara dari pusat Kota Tanjungpandan, terletak di Desa tanjung binga, Kecamatan Sijuk. Karena terletak di semenanjung, Pantai ini mempunyai dua sisi yang berbeda. Di sisi barat kita akan melihat dan menikmati hamparan air laut yang disela selanya batuan granit yang tersusun tumpang tindih dari kecil sampai ke yang besar. Dari sisi ini jika cuaca mendukung ita bisa menikmati matahari terbenam dengan menaiki puncak batuan granit. Sedangkan disisi Timur, kita akan dimanjakan dengan pemandangan Hamparan pasir Putih sepanjang ± 4 KM, dengan air laut yang jernih. Hanya ada sedikit batuan granit yang ada disisi ini.
Pantai ini dapat di tempuh dari pusat Kota Tanjungpandan dengan jarak ± 27 KM, dengan menggunakan mobil rental yang dapat kita sewa di beberapa hotel/penginapan yang ada di pusat kota, kita bisa menikmati keindahan Pantai ini. Harga rental mobil berkisar Rp. 250.000 ( dengan supir ) s/d Rp. 350.000 (tanpa supir) per 24 jam nya. Untuk biaya masuk ke kawasan pantai ini, dikenakan biaya retribusi Rp. 5.000,- per orang nya.

0 komentar:

Posting Komentar