Senin, 07 Januari 2013

Danau Mempayak, Belitung timur, Belitung

Walaupun bukan merupakan objek wisata popular seperti objek wisata pantai yang ada di Pulau Belitung, namun tidak ada salah nya jika anda sedang melakukan perjalanan dari Kota Tanjungpandan menuju Kota Manggar, Belitung Timur untuk singgah ke tempat wisata ini. Sebenarnya yang di maksud Danau disini, bukan lah danau seperti danau danau lainnya yang terbentuk karena keadaan alam. Danau mempaya ini sebenar nya merupakan lubang bekas galian tambang timah yang sudah tidak dilakukan penambangan dan dibiarkan terbuka tanpa dilakukan reboisasi. Lambat laun seiring perjalanan waktu lubang ini tergenang oleh air hujan. Dikarenakan lubang nya yang besar dan dalam, serta dasar lubang ini struktur tanahnya kaolin, air yang menggenang ini tidak pernah kering, walau musim kemarau panjang. Dari informasi yang didapat dari masyarakat setempat, danau ini disebut “Kolong” ( lubang bekas tambang galian timah yang sengaja dibiarkan terbuka tanpa reklamasi ). Namun untuk mengangkat agar tempat ini menjadi suatu tempat kunjungan wisata, oleh pemerintah diganti nama nya menjadi Danau. Nama Mempaya sendiri, diambil nari nama Desa dimana danau ini berada.
Untuk menunjang sarana wisata, oleh Pemda setempat , tempat ini dibangun beberapa gazebo dan restoran yang menyediaka segalan makanan dan minuman, selain itu terdapat mushola dan tempat area bermain anak anak. Pemandangan di danau ini sangatlah indah, air nya yang jernih bewarna kehijauan, dan pohon pohon peneduh yang ada disekitar danau, serta berlatar belakang gunung burung mandi. Sayang danau ini tidak bisa dilakukan aktifitas berenang. Diarenakan danau ini mempunyai kedalaman yang sangat dalam ± 40 Meter.
 Akses untuk menuju objek wisata ini tidak lah sulit, dikarenakan lokasi danau ini berada di pinggir jalan raya utama dari Kota Tanjungpandan menuju Kota manggar, Belitung Timur.  jika anda dari Bandara H.S Hananjoedin atau Kota Tanjungpandan jarak nya sekitar 50 KM. jika kita dari ppusat Kota Manggar/ Blitung Timur dengan  menyewa ojek yang ada di pusat kota, dengan biaya Rp. 5.000 s/d 10.000/ orang kita sudah bisa menuju Danau ini.  Jika kita dari pusat kota Tanjungpandan untuk menuju Danau ini, harus merental / menyewa mobil yang banyak disewakan di hotel, maupun penginapan yang ada di kota Tanjungpandan.  Dengan harga berkisar Rp.350.000,- dengan sopir, atau Rp. 250.000,- tanpa sopir per 24 jam.

0 komentar:

Posting Komentar