Senin, 07 Januari 2013

Pemandian Alam Tirta Surya, Belitung Timur , Belitung


Merupakan salah satu tempat Pemandian Alam Yang ada di Pulau Belitung. Khusus nya untuk daerah Kabupaten Belitung Timur. Tempat pemandian ini menjadi salah satu tempat rekreasi favorit bagi masyarakat lokal Belitung Timur, hal ini dikarenakan hawa/ cuaca daerah Belitung Timur yang dominan Panas. Faktor ini dikarenakan Kabupaten Belitung Timur, khususnya Kota Manggar mempunyai lokasi yang sangat dekat dengan Laut, sehingga udara, dan hawa pada siang hari menjadi panas.
Tempat pemandian ini dibangun tahun 1993. Dengan sumber air dari aliran danau Kepayak yang tidak pernah kering, sekalipun musim kemarau. Karena air dipemandian ini mengalir terus menerus, air kolam nya pun selalu bersih dan air nya selalu segar. Terdapat 2 buah Kolam pemandian dengan kedalaman yang berbeda. Hal ini dimaksudkan untuk membedakan antara kolam dewasa dan kolam anak-anak. Selain itu terdapat Restoran dengan berbagai macam menu makanan dan minuman. Beberapa fasilitas wisata lainya juga terdapat di tempat ini, diantara nya tempat bermain anak anak, fasilitas kamar mandi/ kamar ganti, Panggung hiburan, serta tempat parkir yang luas.
Lokasi tempat pemandian alam Tirta Surya berada di Desa Mengkubang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Jarak dari Pusat Kota Belitung Timur ± 18 KM, jika anda dari Bandara H.S Hananjoedin atau Kota Tanjungpandan jarak nya sekitar 70 KM. akses menuju tempat ini dapat ditempuh dengan  menyewa ojek yang ada di pusat kota Belitung timur/ Manggar. Dengan biaya Rp. 5.000 s/d 10.000/ orang. Jika kita dari pusat kota Tanjungpandan untuk menuju tempat Pemandian ini, harus merental / menyewa mobil yang banyak disewakan di hotel, maupun penginapan yang ada di kota Tanjungpandan.  Dengan harga berkisar Rp. 350.000,- dengan sopir, atau Rp. 250.000,- tanpa sopir per 24 jam. Untuk biaya retribusi masuk tempat pemandian ini, dikenakan tariff Rp. 5.000,-/ orangnya.

0 komentar:

Posting Komentar