Senin, 07 Januari 2013

Pantai Nyiur Melambai/ Pantai Lalang, Belitung Timur, Belitung


Pantai ini merupakan pantai yang sangat terkenal  sebagai tujuan wisata bagi masyarakat Kota Belitung Timur. Setiap pagi hari pantai ini ramai dikunjungi untuk melihat matahari terbit ( Sunrise). Terlebih pada saat akhir pekan atau hari libur pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat local maupun wisatawan domestic. Karena letak pantai yang ada di belahan sisi timur pulau Belitung, otomotis jika pagi hari matahari terbit akan bisa dilihat dengan jelas jika cuacanya mendukung. Pantai ini memiliki garis pantai yang memanjang, dengan hamparan pasir putih nya. Tidak terdapat bebatuan granit di pantai ini, yang ada hanya deretan pohon pinus yang membuat suasana dipantai ini menjadi teduh dan sejuk.  Selain itu kontur pantai yang melandai dan ombak air yang tidak terlalu besar, menjadikan pantai ini aman untuk berenang.
Pantai ini sebenarnya lebih dikenal dengan sebutan Pantai Lalang oleh masyarakat sekitar/ masyarakat Belitung Timur. Hal ini dikarenakan letak pantai yang berada di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Namun untuk mengangkat nama pantai ini agar menjadi daerah tujuan wisata yang lebih ramai lagi di kunjungi wisatawan domestic maupun mancanegara, Pemerintah Belitung  Timur mempunyai inisiatif untuk merubah nama Pantai ini menjadi “ Nyiur Melambai”. Selain itu juga sering diadakan perlombaan dan berbagai macam feltifal kesenian daerah di pantai ini. Walau demikian belum terdapat fasilitas wisata yang disediakan oleh Pemda setempat dipantai ini. Hanya warung warung penyedia makanan dan kamar mandi/ kamar ganti umumatas  inisiatif masyarakat sekitar saja yang ada di tempat ini. Hanya beberapa fasilitas olahraga saja, yang di bangun Pemda setempat di area pantai ini. Diantaranya seperti lapangan Volley Pantai, lapangan Futsal, serta fasilitas panjat tebing buatan.
Untuk menuju Pantai ini kita bisa menyewa ojek yang ada di pusat kota Belitung timur/ Manggar. Dengan biaya Rp. 5.000 s/d Rp. 10.000/ orang, kita bisa menuju pantai ini. Jika kita dari pusat kota Tanjungpandan untuk menuju pantai ini, harus merental / menyewa mobil yang banyak disewakan di hotel, maupun penginapan yang ada di kota Tanjungpandan.  Dengan harga berkisar Rp. 350.000,- dengan sopir, atau Rp. 250.000,- tanpa sopir per 24 jam.

0 komentar:

Posting Komentar