Senin, 07 Januari 2013

Pantai Mudong, Belitung Timur, Belitung


Pantai Mudong atau di sebut juga pantai Rekreasi Ghina merupakan salah satu pantai yang ada di wilayah bagian Belitung bagian Sebelah timur, tepat nya berada di perbatasan antara Kecamatan Manggar, IbuKota Belitung Timur, dengan Kecamatan Gantung/ Gantong. Walaupun Pantai ini berada tidak jauh dari pusat Kota Kecamatan Gantung, kondisi pantai ini masih sangat alami, dan belum dikelola oleh Dinas Pariwisata Setempat. Di sore hari pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat untuk sekedar nongkrong menunggu matahari terbenam, lokasi pantai yang berada di pinggir jalan ini sangat mudah diakses oleh semua orang. Sayang kondisi jalan nya belum semua semua  di aspal, sebagian masih berupa tanah merah. Sehingga jika musim panas jalanan ini akan menghasil kan debu kotor, sebalik nya jika musim penghujan jalanan ini akan menjadi becek. Kurang tanggap nya Pemda Belitung Timur membuat pantai yang pernah terkenal lewat soundtrack Film Laskar Pelangi ini terkesan tidak terawat. Padahal jika pantai ini dikelola dengan baik, akan menambahkan devisa dari wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.
Pantai ini juga memiliki cirri khas yang sama dengan pantai pantai lainnya yang ada di Pulau Belitung, yaitu pasir pantai yang putih, serta air laut pantai yang jernih dan berwarna kebiru biruan. Selain itu kontur pasir pantai yang landai, serta ombak nya yang relative kecil, membuat pantai ini juga aman untuk berenang. Hanya saja walaupun ombaknya yang relative kecil, abrasi yang di timbulkan oleh ombak di pantai ini bisa dikatakan sangat memprihatinkan.hampir rata di sepanjang bibir pantai terkena abrasi yang mengakibatkan permukaan tanah di pinggir pantai semakin tergerus, dan juga menumbangkan beberapa pohon kelapa yang ada di pinggir pantai, sehingga pohon kelapa yang tumbang tersebut rebah dan berserakan di pantai ini. Walau demikian, tidak ada salah nya  jika anda mengunjungi pantai ini, karena dengan keindahan kita akan merasa puas, terlebih jika bis menyaksikan matahari terbenam di pantai ini.
Untuk menuju Pantai ini kita bisa menyewa ojek yang ada di pusat kota Belitung timur/ Manggar. Dengan biaya Rp. 5.000 s/d 10.000/ orang kita bisa menuju pantai ini. Jika kita dari pusat kota Tanjungpandan untuk menuju pantai ini, harus merental / menyewa mobil yang banyak disewakan di hotel, maupun penginapan yang ada di kota Tanjungpandan.  Dengan harga berkisar Rp. 350.000,- dengan sopir, atau Rp. 250.000,- tanpa sopir per 24 jam.

0 komentar:

Posting Komentar