Senin, 07 Januari 2013

Pantai Keramat, Belitung Timur, Belitung


Dari nama pantai ini, tentulah membuat sebagian orang penasaran dengan pantai ini. Betapa tidak dari kalimat “keramat” membuat orang penasaran tentunya. walau pun nama  pantai ini terkesan menyeramkan, namun pemandangan yang ada di pantai ini tidak seseram namanya. Pantai ini juga memiliki keindahan yang hampir sama dengan pantai pantai lainnya yang ada di kepulauan Belitung lainnya. Hamparan pasir yang putih di bibir pantai, juga kontur pasir pantai yang landai, serta ombak yang relative kecil terdapat di pantai ini. Dengan kondisi pantai tersebut, pantai ini aman untuk aktifitas berenang. Dinamakan “Keramat” bukan berarti pantai nya yang dikeramatkan. Tetapi adanya gugusan batu yang berada ± 10 Meter dari bibir pantai, yang di keramatkan/ dituahkan oleh masyarakat yang ada di sekitar pantai ini. Bahkan pada zaman dahulu, sebelum pantai ini dibuka untuk masyarakat umum, tempat gugusan batu ini sering diadakan ritual ritual tertentu oleh masyarakat sekitar.
Pantai ini memang belum dikelola oleh Pemda setempat. Sehingga pantai ini masih terlihat alami, belum terdapat fasilitas wisata di tempat ini. Hanya inisiatif beberapa masyarakat sekitar pantai yang berjualan dengan aneka macam makanan dan minuman. Selain itu juga terdapat fasilitas kamar mandi/ kamar ganti yang di buat dan dikelola oleh masyarkat sekitar. Untuk memasuki wilayah pantai ini belum dikenakan biaya retribusi.
Lokasi pantai ini berada di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Berlitung Timur. jika anda dari Bandara H.S Hananjoedin atau Kota Tanjungpandan jarak nya sekitar 80 KM. akses menuju tempat ini dapat ditempuh dengan  menyewa ojek yang ada di pusat kota Belitung timur/ Manggar. Dengan biaya Rp. 5.000 s/d 10.000/ orang. Jika kita dari pusat kota Tanjungpandan untuk menuju  Pantai ini, harus merental / menyewa mobil yang banyak disewakan di hotel, maupun penginapan yang ada di kota Tanjungpandan.  Dengan harga berkisar Rp.350.000,- dengan sopir, atau Rp. 250.000,- tanpa sopir per 24 jam. 

0 komentar:

Posting Komentar