Senin, 07 Januari 2013

Pantai Penyabong, Tanjungpandan


Pantai ini Merupakan salah satu pantai tujuan wisata yang ada di Pulau Belitung. Terletak di desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong, Belitung. Sangat disayangkan akan tidak adanya fasilitas wisata di pantai ini. Pantai ini memiliki keindahan alam yang hampir sama dengan keindahan pantai Tanjung Tinggi. Jika kita perhatikan pantai ini memiliki gugusan Bebatuan granit yang sangat banyak bertebaran disekitar pantai, sama hal nya dengan yang ada di pantai Tanjung Tinggi. hanya saja yang membedakan dengan pantai Tanjung Tinggi, yaitu ada nya Batu Granit besar yang memanjang dan menyambung satu sama lain dengan batu granit lainnya menjorok ke arah laut. Selain itu terdapat pepohonan Padan Laut yang tumbuh berderet rapi di sepanjang pinggir pantai ini.
Nama “ Penyabong” menurut informasi yang didapat dari penduduk setempat dikarenakan adanya gugusan bebatuan granit besar yang memanjang dan menyambung satu sama lain dengan batu granit lainnya. Intinya penyabong sama halnya dengan menyambung. Bebatuan granit tersebut memanjang kearah tengah laut seolah olah seperti dermaga alami. Selain itu pantai ini juga memiliki pasir putih. dengan kontur pantai yang landai, ombak laut yang sedang, air laut yang jernih dan bersih, membuat pantai ini aman dan nyaman untuk berenang. Tidak ada nya fasilitas wisata, membuat wisatawan yang datang kepantai ini tidak setiap saat, hanya pada waktu tertentu saja, seperti pada akhir pekan atau hari libur besar. Walaupun sudah terdapat beberapa warung makan kecil yang dikelola oleh penduduk sekitar, sangat disaran kan jika berwisata ke pantai ini untuk membawa bekal. Dikarenakan warung makan tersebut tidak buka setiap hari.
Pantai ini berlokasi di Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong. Untuk menuju Pantai ini dapat di tempuh dari pusat Kota Tanjungpandan dengan jarak ± 65 KM, dengan menggunakan mobil rental yang dapat kita sewa di beberapa hotel/penginapan yang ada di pusat kota, kita bisa menikmati keindahan yang ada di pantai ini. Harga rental mobil berkisar Rp. 350.000 ( dengan supir ) s/d Rp. 250.000 (tanpa supir) per 24 jam nya. 

0 komentar:

Posting Komentar