Senin, 07 Januari 2013

Pantai Tanjung Kiras, Membalong, Belitung


Hampir semua, objek wisata yang ada di Belitung adalah pantai, hal ini dikarenakan Belitung merupakan Kota dengan wilayah daratan nya di kelilingi oleh laut. Sehingga otomatis pinggiran pulau Belitung di dominasi oleh pantai. Dan hampir semua menjadi tujuan wisata jika kita berkunjung ke Pulau Belitung. Pantai Tanjung Kiras termasuk salah satu diantaranya. Pantai ini memang tidak setenar seperti pantai pantai lainnya yang ada di Pulau Belitung, dikarenakan lokasi Pantai yang jauh dari pusat kota Pulau Belitung, Tanjungpandan, dan juga belum adanya pihak pengelola dipantai ini. Sehingga fasilitas wisata yang ditawarkan oleh pantai ini belum selengkap pantai pantai lainnya. Hanya shelter dan mini kafetaria yang tersedia di pantai ini. Namun pemandangan yang di hadirkan oleh pantai ini, tidaklah kalah dengan pantai pantai lainnya yang ada di kepulauan Belitung.
Lokasi Pantai tanjung Kiras berada dipinggiran Bukit dengan bibir pantai di dominasi oleh Bebatuan Granit yang ukuran nya besar besar, namun walaupun hampir semua pinggir pantai didominasi oleh bebatuan granit, air yang ada di pinggir pantai tidak curam/ dalam. Tetapi tetap landai seperti pantai pantai lainnya. Air nya yang jernih, serta pasir pantai yang putih juga dapat anda temukan di pantai ini. Pantai ini juga mempunyai ombak yang tenang, sehingga wisatawan yang berkunjung kepantai ini bisa berenang dengan nyaman. Tidak ada informasi yang jelas mengenai asal nama pantai ini. Pantai ini sangat ramai di kunjungi pada saat akhir pekan atau hari libur oleh masyarakat local atau wisatawan domestic.
Pantai ini terletak Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong. Untuk menuju Pantai ini dapat di tempuh dari pusat Kota Tanjungpandan dengan jarak ± 70 KM, dengan menggunakan mobil rental yang dapat kita sewa di beberapa hotel/penginapan yang ada di pusat kota, kita bisa menikmati keindahan yang ada di pantai ini. Harga rental mobil berkisar Rp. 350.000 ( dengan supir ) s/d Rp. 250.000 (tanpa supir) per 24 jam nya. 

0 komentar:

Posting Komentar